Tenda Membrane

tenda membraneDi pusat keramaian seperti bazar dan konser, biasanya terdapat tenda baik berukuran besar maupun kecil dengan ciri khas warna putihnya meskipun tepdapat warna lain yang terbuat dari bahan elastis. Tahukah Anda tenda apa itu? Tenda tersebut adalah tenda membrane.
Saat ini, mulai banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk kebutuhan. Tenda ini memiliki fungsi utama, yaitu sebagai lapisan utama pelindung dari panas dan hujan. Selain itu bentuk yang dimiliki estetis dan desain modern, sehingga dapat menarik minat pelanggan untuk mengunjunginya.
Untuk mengetahui lebih dalam mengenai tenda tersebut, Anda dapat menyimak pembahasan yang kami sajikan di bawah ini.

Apa Itu Tenda Membrane?

Tenda membrane dapat diartikan sebagai suatu struktur atau salah satu jenis konstruksi ringan yang terbuat dari bahan elastis dengan prinsip tegang tarik menggunakan komposit dan penyangga untuk mendirikannya.

Prinsip ini harus telah diperhitungkan kekuatannya dengan baik sehingga dapat dibentangkan sesuai kekuatan tenda dan kebutuhan penggunanya. Tenda ini juga dapat disebut sebagai tension membrane atau tensile membrane di dalam dunia konstruksi. Disebut tension membrane karena tenda ini pada rangka dan atap memiliki satu kesatuan.

Tenda ini biasa digunakan di mall, hotel, playground, tempat parkir, kolam renang, stadion, gedung olahraga, tribun penonton, lapangan tenis dan futsal, restoran outdoor, penutup teras rumah, event, bazar, dan masih banyak tempat lainnya yang dapat dipasang tenda tersebut. Melihat banyaknya tempat yang menggunakannya, membuktikan bahwa tenda ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Selain digunakan sebagai tempat pelindung dari cuaca, juga dapat sebagai hiasan, daya tarik dan ciri khas dari tempat yang memasangnya.

Jenis-jenis Tenda Membrane

Secara struktur, tenda ini memiliki dua jenis antara lain tenda yang menggunakan rangka besi dan tarikan dari kawat (tali besi). Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Menggunakan rangka besi
Tenda yang menggunakan rangka besi biasanya digunakan pada yang berukuran kecil atau tidak terlalu besar, seperti diletakkan di depan rumah sebagai pelindung teras. Rangka besi ini diletakkan di kerangka atau pinggir tenda.

2. Menggunakan tarikan dari kawat atau tali besi
Tenda yang menggunakan tarikan dari kawat, memanfaatkan tarikan atau tensi berasal dari kawat atau jenis tali lainnya yang kuat. Kawat ini biasanya terdapat di bagian tengah tenda yang saling berkaitan satu sama lain. tenda membrane inipun memilik banyak desain model mapun bisa pesan secara custom yang mengkin bisa anda sesuaikan dengan jenis bangunan atau area yang akan dipasang, anda bisa cari referensi terlebih dahulu model yang di inginkan, berikut gambar yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk anda :

Model Kanopi membrane

Jenis – jenis Bahan Membrane

Membrane pada tenda merupakan lapisan tipis yang terbuat dari beberapa jenis bahan. Berikut penjelasan dari jenis-jenisnya.

1. Bahan FTPE Fiberglass
FTPE Fiberglas atau yang disebut Polytetrafluoroethylene adalah terbuat dari serat kaca yang dilapisi dengan bahan sejenis Teflon. Bahan tersebut nantinya akan digabungkan untuk menghasilkan membrane yang kuat dan tahan lama dengan estimasi waktu diharapkan sekitar selama 30 tahun.

2. Bahan ETFE Film
Ethylene Tetrafluoroethylene atau ETFE merupakan bahan yang kuat, ringan, dan tembus cahaya. Bahan ini dalam pemasangannya dilakukan dengan berlapis-lapis.

3. Bahan Polyvinyl Chloride PVC
Polyvinyl Chloride atau yang biasa dikenal sebagai PVC, bahan jenis ini banyak direkomendasikan oleh pemilik bangunan atau proyek arsitektur. Bahan ini memiliki kelebihan seperti tahan lama, serat elastis, dan harganya cukup ekonomis. Selain itu, jenis PVC memiliki berbagai warna pada modelnya.

4. Iglo
Jenis bahan ini milik dari Tiongkok, dengan memiliki tipe 600 dan 700 gsm.

5. Z-Tent
Sama seperti Iglo, Z-Tent juga merupakan bahan jenis membrane milik Tiongkok dengan tipe yang dimiliki 750 dan 900 gsm.

6. Hiraoka
Hiraoka merupakan jenis bahan membrane berasal dari Jepang dan memiliki tipe 850 gsm.

7. Verseidag
Jenis bahan Verseidag merupakan milik Jerman dan menyediakan tipe 800 dan 100 gsm.

8. Agtex
Bahan ini merupakan produk lokal milik Indonesia dengan tipe yang dimiliki yaitu 650, 750, dan 900 gsm.

Struktur Rangka dan Cara Memasang Tenda Membrane

Memiliki rangka yang biasanya menggunakan pipa besi melengkung dan kokoh. Pipa besi ini harus memiliki ketebalan yang sangat cukup agar mampu menahan segala jenis tarikan dari kawat besi dan atapnya. Rangka dan atap dikaitkan melalui joint plate yang ditarik dengan kawat besi.

Cara Memasang Tenda Membrane

Setelah pemasangan pondasi seperti tiang, sambungan, dan kabel selesai, selanjutnya adalah penyusunan membrane mulai dari pemasangan hingga penarikan.

Pemasangan membrane ini harus dilakukan pada saat cuaca mendukung untuk meminimalisir terjadi kerusakan pada membrane. Setelah penarikan telah dilakukan, Anda dapat melakukan pengaturan tarikan agar tidak terjadi kelebihan tarikan dari beberapa titik-titik. Langkah terakhir, Anda dapat melakukan pengujian terhadap tenda yang telah terpasang.

dalam pemasangan tenda membrane alangkah baik nya dikerjakan atau diserahkan pada ahlinnya agar hasilnya lebih maksimal, atau bisa percayakan kepada kami sebagai vendor aplikator tenda membrane. kami siap membantu anda meralisasikan rencana anda menggunakan kanopi tenda membrane.

Kenapa Harus Menggunakan Tenda Membrane?

Setelah memahami pada penjelasan sebelumnya, pastinya Anda mengetahui bahwa tenda ini banyak digunakan oleh masyarakat dan memiliki manfaat yang sangat membantu. Lalu, alasan apa yang membuat Anda harus menggunakan tenda tersebut?

1. Tidak mudah rusak
Tenda membrane tahan akan cuaca panas dan dingin. Selain itu, juga kuat menahan angin hingga kecepatan di atas 100 km/jam. Sehingga membuat tenda ini tidak mudah rusak dan dapat bertahan sampai puluhan tahun.

2. Dapat dibentuk dengan berbagai model dan banyak pilihan warna
Tenda ini dapat dibentuk dengan berbagai model sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Dapat dibuat dengan ukuran kecil atau besar. Selain itu juga memiliki banyak pilihan warna seperti pada jenis membrane PVC.

3. Memiliki banyak jenis yang berkualitas
Seperti pada pembahasan sebelumnya, tenda ini memiliki berbagai jenis. Tidak hanya itu, membrane pun juga memiliki banyak jenis bahan untuk pembuatannya. Sehingga Anda akan disuguhi berbagai jenis yang berkualitas untuk memilihnya sesuai kebutuhan dan keinginan.

4. Perawatan yang mudah
Dalam merawat tenda ini dapat dibilang cukup mudah. Seperti saat membersihkannya, Anda dapat mencucinya dengan air atau ketika hujan cukup memberikan sabun ke atas tenda. Cukup mudah bukan? Praktis dan tidak merepotkan.

5. Memiliki rangka yang sedikit
Karena bersifat lentur, sehingga tenda ini tidak banyak membutuhkan rangka untuk mendirikannya. Baik rangka besi maupun baja untuk menopangnya.

6. Memiliki model yang modern dan estetis
Tenda ini menyediakan berbagai model yang bervariasi mulai dari modern hingga estetis yang dapat menarik minat orang-orang untuk mengunjunginya.

 

Tips Memilih Tenda Membrane yang Baik

Setelah memutuskan untuk menggunakan tenda membrane, tentunya Anda harus cermat dalam memilihnya. Tidak hanya dari kualitas tendanya, Anda juga harus mempertimbangkan dari jasa penyedia tenda tersebut. Tenang saja, kami akan membagikan berbagai tips kepada Anda untuk memilih tenda yang baik. Apa saja itu?

1. Kualitas tenda
Sebelum membeli, Anda harus memperhatikan kualitas dari tenda, seperti memiliki tekstur yang lentur, warna transparan, serta perawatan yang mudah dilakukan.

2. Kualitas penyedia jasa
Selanjutnya, Anda dapat mengikuti beberapa tips dari kami untuk memilih penyedia jasa yang berkualitas, simak bawah ini:
a. Memilih penyedia yang berkualitas

Dengan memilih penyedia yang berkualitas, akan meminimalisir kerugian dan meningkatkan hasil dari tenda yang baik. Untuk memilihnya, Anda dapat melihat catatan pelayanan yang telah diberikan kepada pelanggan sebelumnya, seperti tingkat kepuasan.

Jika pelanggan sebelumnya puas dengan layanan dari penyedia jasa tersebut, maka kemungkinan besar dapat dipercaya. Pilihlah penyedia yang berkualitas agar tidak mengecewakan.

b. Kualitas bahan yang dimiliki
Kualitas bahan yang dimiliki oleh penyedia juga harus dipertimbangkan. Karena kualitas dapat menentukan ketahanan dari tenda.

c. Waktu pengerjaan
Waktu pengerjaan tenda penting untuk dipertimbangkan Pilihlah penyedia yang mampu memberikan hasil memuaskan dengan waktu yang telah ditentukan. Lebih baik memilih penyedia yang waktu pengerjaannya lama tetapi hasilnya bagus. Daripada penyedia yang memiliki waktu lebih singkat tetapi hasilnya tidak memuaskan.

Setelah mengetahui dan mempelajari dari pembahasan yang telah kami sajikan untuk Anda mengenai tenda membrane, semoga dapat membantu Anda untuk memilih tenda dan penyedia yang berkualitas sehingga tidak mengecewakan. Semoga membantu.

Indoprotent memberikan layanan berupa jasa pemasangan kanopi membrane. Indoprotent juga menyediakan layanan pembuatan kanopi / atap / tenda membrane serta sebagai supplier bahan kain membrane dengan pelayanan yang diberikan ke seluruh Indonesia. Kami terdiri dari tim yang berpengalaman dan memiliki komitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk Anda agar mampu menghasilkan layanan yang berkualitas sehingga menjamin mendapatkan kepuasan.

Jika Anda tertarik dengan layanan kami, dapat mengunjungi Jasa Kanopi Membrane Murah Berkualitas – Indoprotent. Segera percayakanlah kepada kami. Kami tidak akan mengecewakan Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.